Langsung ke konten utama

Skoliosis (1)

Oh, well. Terharu rasanya setelah membaca beberapa artikel mengenai skoliosis. Ternyata banyak juga yang sama "kelebihan"nya kaya gue. I'm not alone. I'm not the only one who is broken suffer with this condition. Dari komentar-komentar yang gue baca dari sebuah blog, beberapa orang depresi dan stress. Sebagian lagi, memberi tahu tips mengurangi progretivitas kurva kulang. Dan sisanya penambah semangat!!

Trus ada juga grup Masyarakat Skoliosis Indonesia (MSI), grup Facebook tempat perkumpulan skolioser Indonesia. 

Nah ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu:

1. Bila scoliosis anda jenis Lumbar, maka pada saat tidur usahakan menghadap ke kiri dengan posisi tangan kiri menarin keatas, kaki kebelah kiri lurus dan kaki kanan ditekuk dengan posisi tubuh bagian kiri lebih condong ke depan.
Bila scoliosis anda jenis thoracic, lakukan sebaliknya.
2. Senam: Scoliosis jenis lumbar: duduk dengan kedua kaki berselonjor ke depan, lalu angkat tangan sebelah kiri, tarik sekuat2nya dengan posisi tangan kanan di bawah. lalu bungkukan tubuh serendah mungkin ke arah kanan 45 derajat atau lebih, tarik tangan kiri & dorong badan ke bawah sekuat mungkin. lakukan selama n sesering mungkin.
dan sebaliknya untuk scoliosis thoracic
saya harap tips sederhana ini bisa bermanfaat. yang terpenting adalah, berdoa, yakin & terus menerus berusaha. saya percaya tidak ada yg mustahil selama Tuhan berkehendak dan pada dasarnya manusia memikili sistem kekebalan yang mampu memperbaiki diri sendiri, insyaAllah..

Cara mengetahui apakah kamu seorang skolioser atau bukan:


1. Berdiri di depan cermin, siapa tahu salah satu gelang bahu lebih tinggi dari satunya, jika iya mungkin kamu skoliosis.
2. Bagi perempuan: cek lekukan tubuh apakah simetris atau tidak.
3. Posisikan tubuh seperti sedang ruku dalam shalat lalu minta salah satu keluargamu meraba punggungmu, jika saat diraba salah satu sisi tulang belakang menonjol, mungkin kamu skoliosis.
4. PALING PENTING: pergilah ke dokter ahli tulang dan melakukan rontgen untuk mengetahui lebih jelas.
Bagi yang belum tau skoliosis itu apaan, nih gue kasi gambarnya.
ini 55 derajat, tapi ini bukan gue lho
Jadi, udah ada sedikit bayangan kan tentang skoliosis?








to be continued .....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Save KRS Online

Yak, balik lagi untuk postingan tips dan trik. Karena berkaca dari pengalaman pribadi yang panik ga bisa save KRS. Sedangkan kuota untuk buka KRS lagi untuk diprint itu nggak ada. Okay, sila dibaca tutorial berikut ini.

Surel dari Murai (1)

       Zara POV Beberapa hari belakangan ini aku merasa bosan. Buku maupun ebook beberapa sudah kutamatkan. Tapi masih terasa sepi dan jenuh sekali. Harus ada aktivitas baru. Iseng kubuka email khusus korespondensi. Ternyata ada surel dari Murai masuk. Hampir sekitar sebulan lebih kami tidak pernah berkomunikasi. Entah aku yang terlalu sibuk atau mungkin dia juga sedang sibuk dengan aktivitas barunya mengajar anak-anak. Yah, intinya aku tidak ingin menyalahkan siapa pun atas berjaraknya pertemanan ini.

Surat untuk Murai (2)

(Dari Zara untuk Murai) Menulis balasan untuk Ai ternyata tidak semudah itu. Menuangkan dan menata ulang isi pikiran juga tidak gampang, tapi bukan sesuatu yang mustahil. Kuberanikan diri membalas e-mail Ai yang sudah berapa bulan ini tak tersentuh. Harapanku, semoga Ai mau membacanya. Kalau mode berbicara aku berharap Ai mau mendengarkan. Aku terbuka untuk solusi atau sekedar balasan simpati. Sebagai tanda bahwa tulisanku didengar olehnya. ______